Oleh: sufuzimkh | 6 November 2010

Kumis Kucing di percaya sebagai obat untuk melancarkan buang air kecil

Kumis Kucing2

Kumis Kucing atau kidney tea plants / java tea (Inggris), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur), giri-giri marah (Sumatera),  atau songot koneng (Madura) dalam bahasa ilmiah sering disebut dengan Orthosiphon stamineus Benth, adalah tumbuhan liar berbatang basah berbentuk empat persegi dan mudah dipatahkan dengan tinggi sampai 1.5 / 2 m, biasanya tumbuh diladang, di tepi sungai, atau juga ditanam sebagai tanaman hias bahkan dibeberapa daerah dijadikan sebagai tanaman perkebunan. Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

Menurut beberapa ahli farmasi kumis kucing bermanfaat untuk mengatasi infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, kencing batu, batu kantung empedu, dan sebagai antipiretik  dengan komponen yang berkhasiat Eupatrin, sinensetin, 3-hidroksi-tetrametil flavon dan siphonol A-E. dan cara meramunya Kumis kucing dan meniran, masing-masing 30 gram, direbus. Setelah dingin airnya diminum.

Selain itu kumis kucing sering juga dipakai masyarakat sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk encok, masuk angin dan sembelit, sedangkan di India biasa digunakan untuk mengobati rematik.

Copy of kumis kucingKlasifikasi tumbuhan Kumis Kucing :
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Keluarga : Lamiaceae
Genus : Orthosiphon
Spesies : Orthosiphon spp.

Cara penanaman Kumis Kucing tergolong mudah yaitu dengan cara stek / batang atau sering juga disebut dengan perbanyakan cara vegetatif, potong batang kumis kucing dari pohon yang tumbuh normal pilih batang yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua dengan panjang kurang lebih 15 cm dan minimal berbuku 2, untuk mengurangi penguapan air buang sebagian daun, kemudian tanam stek tersebut kalau bisa tanam ditanah yang telah diolah/diberi pupuk organik sedalam kurang lebih 20 cm, sirami dengan air 2 kali dalam sehari atau tergantung cuaca dan hujan serta usahakan kelembaban tanah jangan sampai kering. waktu penanaman yang baik adalah pada musim penghujan.

Menurut beberapa informasi, ternyata kumis kucing merupakan salah satu komoditi export dengan tujuan export Singapura, Amerika dan Eropa. Namun lepas dari semua itu ternyata dari beberapa pendapat ahli farmasi dan herbal kumis kucing layak di jadikan obat atau pun obat pendamping.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Kategori